Hampir setiap orang menggunakan yang namanya sprei sebagai alas penutup tempat tidurnya. Tidak peduli dari kalangan atas, menengah ataupun bawah, Sprei sangat berpengaruh pada kenyamanan tidur kita. Saya yakin sebagian besar dari kita akan merasa tidak nyaman bila tempat tidur nya tidak dilapisi sprei. Dan juga jenis bahan sprei sangat menentukan kenyamanan tidur kita. Ada beberapa jenis bahan sprei yang banyak digunakan di pasaran saat ini, antara lain ;

POLYESTER

Polyester terbuat dari serat sintetis, kainnya agak kasar, coraknya banyak, mudah diatur tidak mudah kusut harganya pun cukup ekonomis. Bahan ini kurang cocok di negara tropis. Bahan ini tidak menyerap keringat.

KATUN VISCOSE ( CVC )

Katun CVC memiliki komposisi 60-70% katun dan sisanya 30-40% bahan viscose atau rayon yang nyaman dan lembut. Bahan viscose biasanya dipakai di kaus, jaket, kemeja dan sebagainya. CVC biasa disebut katun korea, kainnya lembut, harganya juga tidak mahal dan termasuk kualitas sedang dan memiliki kelebihan tidak mudah kusut.

KATUN LOKAL

Bahan yang satu ini umum dipakai untuk seprei dan bed cover. Mempunyai motif yang beraneka ragam , halus dan tidak berbulu, warna relatif awet serta daya serap keringat cukup baik dan harganya pun relatif terjangkau. Di pasaran ada 2 jenis katun lokal yang sering ditemui, yaitu :

  1. Katun Panca
    Komposisinya terdiri dari 75% katun dan 25% polyester. Motifnya beragam, terutama motif anak dan klasik. Untuk motif2 penuh agak kaku, dikarenakan warna tebal supaya tidak cepat pudar. Bahannya dingin, lembut, tidak panas, tidak berbulu tidak luntur dan nyaman dipakai.
    Bahan katun panca ini banyak digunakan oleh produsen sprei yang umumnya sudah punya nama di dunia sprei seperti STAR, FORTUNA, NIKITA, DLL.
  2. Katun Catra
    Komposisi katun dan polyester berbanding 80% dan 20%. Semakin kecil kandungan polyester makin halus kainnya. Motifnya terlihat moderen ( minimalis ), beberapa motifnya hampir sama dengan katun panca. Katun catra warnanya penuh dan kainnya lembut. Bahannya dingin, lembut, tidak panas, tidak berbulu, tidak luntur dan nyaman dipakai

KATUN CHINA

Bahan sprei katun Cina ini menggunakan komposisi 85-90% katun. Bahan yang mengandung 90% katun akan terasa lebih lembut dan mudah kusut bila dipegang.

KATUN TAIWAN

Hampir sama dengan bahan sprei katun china, jenis Katun Taiwan juga menggunakan komposisi 90% katun. Tetapi bahan sprei katun Taiwan ini lebih lembut dibanding Katun Cina namun masih kalah dibanding Jepang, dan lebih tipis dari katun Jepang.

KATUN JEPANG

Katun Jepang katun 90-95% dengan kualitas terbaik, permukaanya halus dan lembut, warna lebih awet dan tahan lama serta memiliki daya serap keringat yang bagus. Namun demikian harga Katun Jepang lebih mahal dibanding jenis katun lainnya. Ciri khusus bahan Katun Jepang bisanya di ujung bahan terdapat tulisan ‘Japan Design’ atau terdapat kode warna pada kain tersebut.

KINGKOIL

Kenapa disebut King Koil? Karena umumnya produk ranjang kingkoil menggunakan jenis sprei berbahan katun Jaguard ( Katun Eropah ) yaitu katun terbaik dari Eropa, dengan thread count terbaik dan kualitas paling atas dari semua kain jenis katun. Jadi dipasaran bahan kain Jaquard lebih dikenal dengan King Koil. Mungkin karena kualitasnya yang sangat bagus, jadi masyarakat sering menyebutnya bahan King Koil.

KINGKOIL SUTERA

Bahan kain ini merupakan kombinasi antara katun dan sutra. Memilki sifat yang lemas dengan tekstur licin khas sutra serta ciri lain yang khas 1 jenis warna . Bahanya halus, lembut tetapi sangat kuat. Campuran sutra membuat bahan ini terlihat elegan dan lembut. Kandungan katun membuat bahan ini kuat dan tahan lama

TENCEL

Bahan sprei Tencel terbuat dari rumput bambu organik. Tidak seperti kapas, Tencel dipintal dari serat bambu malang-melintang membentuk pori-pori mikro yang unik membuat kain menyerap 4x lebih kuat dari bahan katun jepang. Sangat cepat menyerap keringat. Jika Anda mudah berkeringat di malam hari dan sering mengalami gangguan tidur di malam hari maka seprai tempat tidur bambu sutra organik adalah solusi sempurna. Anda akan merasakan perbedaannya. Bahan lembut seperti kasmir dan sehalus sutra.

Itulah sedikit gambaran jenis bahan-bahan sprei, yang penulis sendiri dapatkan dari berbagai sumber.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s