Jenis kain pelapis Sofa yang umum digunakan adalah bahan kain. Ada beberapa jenis kain meliputi, misalnya katun, polyester, linen, serat nilon, dan rayon . Bahan ini sangat cocok digunakan sebagai sofa karena telah menarik banyak peminat di pasaran. Namun, untuk menentukan kain yang tepat untuk sofa anda, anda dapat menyesuaikan desain dan kebutuhan.
Adapun beberapa jenis bahan kain sofa yang ada dipasaran adalah sebagai berikut:

Katun
Katun merupakan jenis kain yang paling sering dipilih sebagai kain pelapis sofa. Bahan ini terbuat dari tenunan, yang semakin rapat jalinan benangnya, akan semakin baik kualitasnya dan nyaman diduduki. Harganya pun cukup terjangkau dan tersedia dalam beragam pilihan warna dan motif.
Kekurangan bahan ini adalah tidak tahan lama karena bahan lebih beresiko cepat robek atau warna memudar dan memerlukan perawatan berkala agar tidak ditumbuhi jamur.

Polyester
Keunggulan bahan ini adalah daya tahannya yang tinggi karena memiliki daya serap yang rendah terhadap air, dan mudah terlipat.

Linen
Rendahnya kemampuan bahan menyerap tinta membuat bahan linen umumnya tampil polos tanpa motif. Bahan pelapis ini sangat lembut, mudah berkerut dan cenderung lebih panas.

Akrilik
Dibandingkan dengan bahan lain, bahan akrilik lebih tahan terhadap panas matahari, cepat kering jika terkena cipratan air, ringan dan tahan lama. Oleh sebab itu, bahan ini cocok digunakan di area outdoor.

Nilon
Bahan ini juga cukup populer sebagai pelapis sofa karena bahannya yang tahan air, tidak mudah robek dan tahan lama.

Chenille
Bahan chenille merupakan bahan yang tengah populer saat ini. Teksturnya mirip dengan bahan corduroy. Kekurangan dari jenis bahan kain sofa ini, meskipun sangat halus, bahan ini tidak tahan air dan sulit dibersihkan jika terkena noda.

Oscar/sintetis
Oscar adalah bahan sintetis yang menyerupai kulit. Secara fisik, tampilan oscar mirip dengan kulit. Namun, kualitasnya tentu berbeda. Selain digunakan sebagai bahan pelapis sofa, oscar juga digunakan sebagai bahan pelapis kursi makan atau kursi kantor dan jok mobil/motor.

Rayon
Jenis kain ini terhitung kuat dan nyaman dikulit saat digunakan. Teksturnya yang halus sekilas mirip dengan sutra, sehingga kain jenis ini kerap dijadikan penganti kain sutra dengan harga yang jauh lebih murah. Kekurangan dari kain jenis rayon/viscose adalah mudah terbakar dan rentan terhadap air.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s